Tata Kelola Parusahaan

Penerapan Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) bagi PT PG Rajawali II sudah menjadi bagian dari budaya perusahaan, serta berusaha mencapai yang terbaik sejalan de ngan prisip–prinsip dasar Tata Kelola Perysahaan yang baik yang meliputi Keterbukaan Informasi (Transparancy), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responcibility), Kesetaraan (Fairness) dan Kemandirian (Independency). Manajemen meyakini bahwa PT PG rajawali II bisa bertahan sampai hari ini karena komitmen atas penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik oleh seluruh jajaran Direksi, Dewan Komisaris dan karyawan. PT PG Rajawali II juga mendapat dukungan positif dari pemegang saham yang sangat menekankan pentingnya penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik diseluruh jajaran perusahaan. Meski prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik di PT PG Rajawali II dalam prakteknya sudah dijalankan sejak tahun 2006.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya termasuk dalam mengambil setiap keputusan bisnis, Direksi dan Dewan Komisaris selalu mengedepankan prinsip– prinsip dasar tata Kelola Perusahaan yang baik, Budaya Perusahaan, peraturan yang berlaku (legal compliance), Etika Bisnis perusahaan serta memperhatikan kepentingan PT PG Rajawali II, Pemegang Saham dan Stakeholder lainnya. Demikian juga yang berlaku bagi karyawan. Dalam setiap kesempatan baik secara lisan maupun tertulis, Direksi selalu menekankan kepada seluruh karyawan untuk berpegang teguh dan konsisten melaksanakan Tata Kelola Perusahaan yang baik. PT PG Rajawali II selalu antisipatif dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang berhubungan dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik.

Dewan Komisaris

Dalam menjalankan tugasnya Dewan Komisaris PT PG Rajawali II telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk melakukan tindakan

pengawasan atas kebijakan yang dilakukan Direksi dalam pelaksanaan RJP, RKAP, serta ketentuan– ketentuan anggaran dasar dan keputusan RUPS maupun peraturan perundang–undangan yang berlaku.

Komisaris telah melaksanakan rapat secara rutin dan anggota Komisaris yang berhalangan hadir selalu memberitahu kepada ketua rapat dan memeberikan kuasa untuk mewakili suaranya dalam rapat. Materi pembahasan dalam rapat dibagikan kepada seluruh anggota rapat termasuk yang tidak hadir agar seluruh anggota mendapat informasi yang sama. Seluruh keputusan dalam rapat Dewan Komisaris diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat.

Direktur

Selama tahun 2012 Direksi telah mengadakan rapat baik secara berkala maupun di luar jadwal rutin yang secara khusus membahas tentang kinerja operasional perusahaan. Notulen rapat didistribusikan kepada seluruh anggota Direksi termasuk yang berhalangan hadir agar seluruh Direksi mengetahui hasil pembahasan dalam se-tiap rapat Direksi.

Remunerasi Direksi & Komisaris

Sesuai Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tentang Pengesahan Laporan Keuangan Tahun Buku 2011 menetapkan gaji Direktur tahun 2010 sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PT RNI No. 19/SK/RNI.1/III/10 tanggal 25 Maret 2010 dengan perincian sebagai berikut :

Gaji Direktur Utama PT PG Rajawali II untuk Tahun Buku 2012 ditetapkan sebesar Rp 36.000.000,- per bulan. Gaji Anggota Direksi lainnya dan Honorarium Komisaris Utama, Anggota Komisaris adalah masing-masing 90%, 40%, 36% dari gaji Direktur. Selain gaji, Direktur juga menerima tunjangan dan fasilitas sesuai dengan Risalah Rapat RUPS Tahun Buku 2010.

Satuan Pengawas Intern (SPI)

Selama tahun 2012 SPI telah melaksanakan fungsi pengawasannya melalui kegiatan pemeriksaan dan monitoring hasil pemeriksaan ke seluruh unit maupun bidang yang ada dilingkungan PT. PG Rajawali II, kegiatan tersebut meliputi pemerik-saan operasional dan pemeriksaan yang bersifat khusus, laporan hasil audit yang diterbitkan sebanyak 88 (LHP) dan sebagian besar rekomen-dasi dan saran dari SPI telah ditindaklanjuti dan diimplementasukan oleh unit-unit kerja termasuk sosialisasi system pengendalian internal yang berkelanjutan.

Manajemen Risiko

Implementasi manajemen resiko di PT. PG Rajawali II sudah dimulai ke tahap sosialisasi dan kompilasi hasil risk asessment yang ada pada setiap proses bisnis dan dilakukan secara terstruktur disetiap unit usaha sebagai pemangku risiko (risk owner), sehingga masing-masing unit ditargetkan dapat mengidentifikasi risiko yang ada dan memiliki profile risiko yang bertujuan untuk membantu manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan dan menyediakan informasi mengenai risiko-risiko yang ada di perusahaan, baik risiko strategis maupun kegiatan fungsi-fungsi/ proses bisnis di unit kerja.

Implementasi manajemen risiko di PT. PG Rajawali II akan mengadopsi MANAJEMEN RISIKO BERBASIS ISO 31000 sebagai frame work untuk imolementasi di masing-masing risk owner. Dan setiap unit harus menyelesaikan penyusunan daftar risiko yang dapat diakses disistem manajemen risiko (SIMERI) yang sudah terpasang melalui jaringan lokal “Local Area Networ”.

Penyusunan daftar risiko di masing-masing unit tersebut merupakan langkah awal dari proses manajemen risiko secara keseluruhan (EMR), tahapan ini dilakukan agar setiap unit memiliki profile risikonya masing-masing sesuai dengan proses bisnisnya dan profile risiko tersebut wajib diketahui dan disahkan oleh atasannya masing-masing

Tanggungjawab Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat dan Lingkungan

Tanggungjawab PT PG Rajawali II terhadap stakeholders diwujudkan dalam bentuk perbaikan kualitas produk secara berkesinambungan, sedangkan untuk karyawan perusahaan selalu memperhatikan hak-hak karyawan melalui pemberian tunjangan sosial maupun pengobatan. Dalam rangka membangun komunikasi dengan masyarakat sekitar dan lingkungan PT PG Rajawali II telah menjalankan program– program kemitraan dalam bentuk pemberian pinjaman bagi usaha kecil dan bantuan pembangunan sekolah, sarana jalan dan penanaman pohon guna memberikan kehidupan yang lebih baik bagi lingkungan.

Etika Perusahaan

Pada tahun 2006 manajemen PT PG Rajawali II telah mengesahkan Pedoman Etika Bisnis (code of conducts) yang mengatur hubungan perusahaan secara internal maupun eksternal.

Akses Informasi dan Data Perusahaan

Sejalan dengan era globalisasi, informasi dan data perusahaan tersedia di kantor PT PG Rajawali II dan dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan sepanjang informasi tersebut merupakan informasi atau data yang boleh dan perlu untuk umum, seperti laporan Keuangan, Laporan Tahunan dan sebagainya, sedangkan informasi lainnya dapat diakses melalui website PT PG Rajawali II